ULANGAN HARIAN 1, 2
PAI KELAS X
SMK Pancasila 1 Kutoarjo
Agustus - September 2025
A. QS Al Maidah
ayat 48
1. Ayat dan artinya.
a. Tuliskan potongan
ayat yang memiliki arti:
i.
Sebagai pembenar kitab-kitab yang diturunkan
sebelumnya.
ii.
Maka berlomba-lombalah dalam (berbuat) kebaikan.
iii.
Maka putuskanlah perkara mereka menurut aturan
yang diturunkan Allah
b. Tuliskan arti dari
potongan ayat berikut!
i.
وَاَنْزَلْنَآ اِلَيْكَ الْكِتَبَ
ii.
وَلاَ تَتَّبْعْ اَهْوَآ ءَهُمْ
iii.
اِلَى اللهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيْعًا
2. Uraikan secara
ringkas Sebab turunnya QS. Al-Maidah :48!
3.
Apa saja keistimewaan QS. Al-Maidah : 48?
4. Tuliskan isi
kandungan QS. Al-Maidah 48!
5. Mengapa manusia dalam
memutuskan perkara hendaknya sesuai dengan al-Qur’an?
6.
Sebutkan 5 contoh penerapan perilaku mulia
penerapan QS. Al-Maidah ayat 48!
7. Hukum Bacaan.
a. Tuliskan hukum bacaan
dari lafadz berikut!
i.
وَاَنْزَلْنَآ
ii.
مُصَدِّقَا لِّماَ
iii.
مَرِجِعُكُمْ جَمِيْعًا
b. Tuliskan lafadz yang
memiliki hukum bacaan berikut (dari QS. Al-Maidah 48)
i.
Mad Jaiz Munfasil
ii.
Mad ‘iwad
iii.
Mad ‘Arid lissukun
B. QS. At Taubah
ayat 105
1. Ayat dan artinya.
Tuliskan lafadz yang memiliki arti: “maka Allah Rasul-Nya dan orang-orang
mukmin akan melihat pekerjaanmu”!
2. Jelaskan Prinsip etos
kerja dalam islam!
3. Apa manfaat bekerja
secara berkolaborasi? Jelaskan!
4. Bagaimana cara
menumbuhkan karakter kerja keras dalam diri seorang muslim?
5. Sebutkan ciri-ciri
kompetisi dalam kebaikan!
6. Berikan 3 contoh
perilaku etos kerja yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari?
7. Hukum bacaan.
a. Bagaimana cara
membaca mim sukun pada lafadz : عَمَلَكُمْ وَرَسُولُهُ
b. Tuliskan lafadz yang
memiliki hukum bacaan: al-Qomariyah dan Asy syamsiyah!
8. Dalam kehidupan
sehari-hari banyak orang yang bekerja keras hanya untuk mencari kesejahteraan
hidupnya di dunia, hingga melupakan ibadah. Bagaimanakah ajaran islam memandang
hal ini?
9. Jelaskan maksud dari “bekerja
dan beramal secara Lillah”
10. Tuliskan hadis yang
memerintahkan umat islam untuk selalu bekerja keras!
No comments:
Post a Comment